Kamis, 18 Agustus 2016

Assalamu’alaikum wR wB
Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.
Belum selesai bongkar Pulsar 180 UG4, ketika sampai pada pembongkaran bak kopling dan bak magnetnya, kok malah teringat dengan pengalaman membongkar engine/mesin honda mega pro 160cc (mega pro primus), karena isi mesinnya mirip banget. Berbekal dengan pengalaman lama ditambah dengan beberapa literatur, ane coba tuliskan pengalaman ane tersebut dalam beberapa artikel tahap pembongkaran mesin mega pro. Tahapnya ada 6, yaitu
  1. Mencopot semua yang menenpel di mesin
  2. Membongkar bak kopling
  3. Membongkar bak magnet/alternator
  4. Menurunkan Mesin
  5. Membongkar head dan silinder
  6. Membongkar blok mesin /crankcase.
Sebelum melakukan pembongkaran sebaiknya dipersiapkan dulu, komponen2 yang mau diganti/dimodif, alat2/tools dan bahan. Biasanya yang dipersiapkan adalah
  1. Tempat dan waktu,  jelas harus diluangkan, karena bisa berlangsung lama. Apalagi bagi yang baru coba2 (jangan takut mencoba, semuanya pasti ada jalan untuk “bisa”, jika mau usaha)
  2. Motornya harus ada, ya jelaslah.
  3. Part yang harus disediakan, sil2 (untuk kick starter, gir, dan versneling), packing-gasket (bak kopling, bak magnet, blok dll), sealent, oli baru, greese/stempet, bensin, sabun colek, serbet/kain-lap, tisu
  4. Kamera/hp, untuk memotret setiap tahap, agar bisa digunakan untuk membantu saat pemasangan kembali. Bisa juga di-upload sebagai artikel
  5. Alat2/tools terdiri dari palu besi, palu karet, kunci sok (8,10,12,14,17 dan 19), kunci pas, obeng + dan – (kecil dan besar), obeng ketok, tang untuk membuka snap-ring, treker khusus lock-nut, treker magnet, dll.
Sebagai gambaran awal, bagian2 inilah yang akan kita bongkar
 Melepas semua bagian yang melekat di mesin, seperti karbu, knalpot, footstep, kabel kopling, kabel speedometer, kick starter, cop busi, soket alternator, gir dan rante, pedal versneling. Masih ada yang kurang nggak bro?





Melepas semua bagian yang melekat di mesin, seperti karbu, knalpot, footstep, kabel kopling, kabel speedometer, kick starter, cop busi, soket alternator, gir dan rante, pedal versneling. Masih ada yang kurang
Blok mesin/crankcase dan isinya (bandul/crankshaft dan gir rasio transmisi).
Lumayan banyak, ya bro. Akan tetapi nggak perlu berkecil hati melihat banyaknya komponen2 tersebut. Nanti kalau sudah dipegang tangan gampang hapalnya. Ente semua lama2 bisa hapal semua komponen, seperti halnya mekanik handal. Mau tau ente sudah hapal apa belum ???…… Kalau sempat dipraktekkan ya, apa yang harus dilakukan saat mekanaik mau lulus ujian untuk satu motor (silahkan tanya sama mekanik yang pernah kursus mekanik).
Tahapannya kira2 begini :
  1. Calon mekanik diperintahkan untuk membongkar total sebuah mesin utuh sampai bercerai berai. Komponen yang paling kecil juga ikut dibongkar
  2. Semua komponen diaduk dalam wadah besar, dikocok2
  3. Kemudian calon mekanik diperintahkan untuk merakit ulang, sampai komponen di wadah habis, tidak boleh ada yang tertinggal
  4. Motor dinyalakan, bila berhasil, maka calon mekanik lulus untuk motor tersebut. Kemudian pindah ke motor lainnya.
Sampai disini  tahap pengenalan dan persiapan membongkar mesin megapro. Mungkin tahap2, teknik dan tip yang dilakukan bisa diaplikasikan untuk membongkar motor2 lain dengan basis mesin yang mirip, misalnya honda gl series (100, 125, 200/tiger, new mega pro) , yamaha scorpio, byson, kawasaki binter mercy, klx 150, suzuki thunder 125, pulsar series (100, 125, 135, 180, 200, 220) dan lain2.
Mohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangan, kepada suhu2 yang lebih ahli dan lebih kompeten mohon koreksi dan masukannya. Semoga bermanfaat wassalamu’alaikum wR wB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar